KARYA
TULIS
LAPORAN
STUDY TOUR KE JAKARTA
Laporan
ini disusun untuk memenuhi syarat kenaikan kelas IX
Disusun
Oleh :
1.
Affan Galih Permadi (01)
2.
Agus Safilia N B (02)
3.
Alfan Nurrohman (03)
4.
Andre Hidayat (04)
5.
Anggita Suci Wahyuni (05)
PEMERINTAH
KABUPATEN BANJARNEGARA
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP
NEGERI 2 RAKIT
2014/2015
PENGESAHAN
Karya tulis ini telah
diterima dan disyahkan sebagai salah satu syarat kenaikan kelas IX SMP Negeri 2
Rakit tahun pelajaran 2014/2015 :
Hari :
Tanggal :
Di : SMP Negeri 2 Rakit
|
Mengetahui
Guru
Pembimbing
LISA ARTATI
NIP.
19770329 200701 2 005
|
|
Wali
Kelas
MUSWANDIYAH
NIP.
19720717 200701 2 008
|
|
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 2 RAKIT
ADWI PRAYITNO, S.Pd
NIP.
19690209 199512 1 001
|
||
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
MOTTO :
Ã
Membaca membuka pintu Dunia
Ã
Kegagalan adalah awal keberhasilan
Ã
Carilah ilmu sampai kau dapat
Ã
Gapailah cita-citamu setinggi langit
Ã
Belajarlah dengan sungguh-sungguh
Ã
Dimana ada kemauan pasti ada jalan
Ã
Pengalaman adalah guru paling berharga
Ã
Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih
prestasi
Ã
Berlomba-lomba untuk meraih kebahagiaan
PERSEMBAHAN :
1) Yang
terhormat Bpk. Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rakit
2) Yang
terhormat Bpk/Ibu dewan guru SMP Negeri 2 Rakit
3) Yang
terhormat ibu guru pembimbing
4) Seluruh
panitia study tour
5) Serta
siswa-siswi SMP Negeri 2 Rakit
JADWAL
KEGIATAN STUDY TOUR
SMP
NEGERI 2 RAKIT
|
Minggu, 15 Maret 2015
|
||
|
|
||
|
15.00 WIB
|
|
Diharapkan meninggalkan sekolah
mengawali perjalanan ke Jakarta makan malam di Pring Sewu
|
|
|
|
|
|
Senin, 16 Maret 2015
|
||
|
|
||
|
04.00 – 06.30
|
|
Transit Asrama Haji Pondok Gede
Makan pagi
|
|
08.00 – 10.30
|
|
Monumen Pancasila
|
|
11.00 – 13.00
|
|
Gelanggang Samudera (Ancol)
|
|
13.00 – 14.30
|
|
Istirahat – Makan Siang
|
|
14.00 – 18.00
|
|
Dunia Fantasi (Ancol)
|
|
18.00 – 19.00
|
|
Istirahat – Makan Malam
|
|
19.00 – …….
|
|
Mengawali perjalanan pulang dan
membeli oleh-oleh
|
|
|
|
|
|
Selasa, 17 Maret 2015
|
|
|
|
07.00 WIB
|
|
Diharapkan sampai di sekolah
|
|
|
|
|
|
LENSA WISATA – SOKARAJA
|
||
KATA
PENGANTAR
Asslamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga
kami dapat menyusun karya tulis Study Tour ke objek wisata DKI Jakarta ini
dengan tidak ada halangan suatu apapun.
Karya tulis ini disusun
berdasarkan data yang kami peroleh dari penjelasan singkat dari pemandu wisata.
Oleh karena itu laporan kami susun sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang
kami miliki di sajikan dalam bentuk laporan.
Kami menyadari bahwa
penulisan karya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu saya sangat
mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun.
Dengan demikian kami
berharap semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi teman-teman dan adik-adik
kelas.
Wassalamu’alakum
Wr. Wb.
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL....................................................................................... i
HALAMAN
PENGESAHAN......................................................................... ii
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN.................................................................. iii
JADWAL
KEGIATAN STUDY TOUR.......................................................... iv
KATA
PENGANTAR.................................................................................... v
DAFTAR
ISI................................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................... 1
A. Latar
Belakang Study Tour................................................................... 1
B. Pengertian
Study Tour.......................................................................... 1
C. Study
Tour dan Manfaatnya................................................................. 1
D. Tujuan
Study Tour............................................................................... 1
E. Waktu
Pelakasanaan............................................................................ 1
BAB
II PEMBAHASAN................................................................................. 2
A. Asrama
Haji......................................................................................... 2
B. Monumen
Pancasila Sakti..................................................................... 3
C. Gelanggang
Samudera Ancol................................................................ 4
D. Dufan................................................................................................... 5
E. Pantai
Marina Ancol............................................................................. 10
BAB
III PENUTUP......................................................................................... 11
A. Kesimpulan.......................................................................................... 11
B. Saran................................................................................................... 11
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang Study Tour
Kegiatan
study tour di SMP N 2 Rakit merupakan salah satu program sekolah yang wajib
diikuti dan bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan bagi siswa siswi yang
diharapkan dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan prestasi belajar.
B.
pengertian Study Tour
Study
tour adalah sistem belajar secara langsung untuk mempelajari/mengenal kemajuan teknologi, budaya sambil rekreasi
pada objek tertentu dengan kata lain belajar sambil refreshing.
C.
Study Tour dan Manfaatnya
Dilaksanakannya
study tour diharapkan wawasan/pengetahuan siswa bertambah luas. Ada motivasi
atau semangat belajar yang lebih rajin lagi. Dengan demikian, study tour ini
benar-benar bermanfaat guna mengembangkan pengetahuan di luar maupun di dalam
sekolah
D.
Tujuan Study Tour
Program
study tour bertujuan untuk :
1)
Menambah wawasan siswa dalam hal
pariwisata
2)
Menambah dan meningkatkan pengetahuan
yang diperoleh dalam kelas
3)
Meningkatkan motivasi dalam belajar
4)
Rekreasi agar siswa dapat mengurangi
kejenuhan belajar dalam kelas
E.
Waktu Pelakasanaan Study Tour
Kami
bersama rombongan SMP Negeri 2 Rakit berangkat ke Jakarta pada tanggal 15 Maret
2015 dan kami berkumpul di sekolah pada pukul 14.00
BAB
II
PEMBAHASAN
1. Asrama
Haji
Asrama
Haji terletak di Jakarta Timur, disekelilingnya terdapat masjid dan penginapan
para pengunjung. Disitu juga ada tempat pelatihan haji, disana ada beberapa
tempat :
1.
Beberapa kamar tidur di lantai 1, 2 dan
3
2.
Tempat makan
3.
Dan beberapa kamar mandi
Disekitar
penginapan ada taman-taman kecil yang indah. Di asrama haji juga terdapat
ruangan untuk rapat para jamaah haji dan ada pula AULA. Ada juga rumah sakit
yang disediakan untuk pengunjung. Disebelah asrama haji terdapat sebuah masjid
yang didepannya terdapat miniature ka’bah. Di asrama haji juga dilengkapi
dengan hiasan-hiasan dinding berupa peta-peta dan gambar-gambar sebagai pedoman
bagi para jama’ah.
Wisama
haji digunakan untuk tempat transit para jama’ah haji sebelum/ sesudah mereka
berangkat ke Mekah.
Wisma
haji digunakan oleh kami semua untuk :
a.
Istirahat
b.
Mandi
c.
Shalat subuh
d.
Sarapan
2.
Monumen Pancasila Sakti
a.
Letak Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti
terletak di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.
b.
Koleksi/Tempat Kejadian
1.
Rumah Penyiksaan → pemilik Bpk. Bambang
Harjono
2.
Sumur Maut → Kedalaman 12 m diameter 75
cm
3.
Rumah Pos Komando → Pemilik adalah Bpk.
Sueb
4.
Rumah Dapur Umum → Pemiliknya Ibu Amroh
5.
Mobil Truk → Pn. Artayasa (PN =
Perusahaan Negara, arta = uang, yasa = pembuat) / kartor perore (Perusahaan
uang Republik Indonesia)
6.
Tugu Monumen Pancasila Sakti → dengan
ketinggian 17 m lebar 8 m yang melambangkan 17 Agustus 1945
7.
Museum pengkhiatan.
Museum ini terletak
sekitar 300 meter dari lokasi sumur lubang buaya. Museum ini berbentuk
menyerupai sebuah joglo besar. Museum penghianatan PKI ini berisi
diorama-diorama yang menggambarkan tentang peristiwa G30SPKI
c.
Tujuan Monumen Pancasila Sakti Dibangun
1.
Untuk menghargai jasa-jasa beliau
(pahlawan revolusi)
2.
Mengenang kembali perjuangan-perjuangan
para pahlawan revolusi
3.
Tempat rekreasi sambil belajar sejarah
d.
Nama-nama Pahlawan Revolusi
-
Jenderal Ahmad Yani
-
Jenderal R. Suprapto
-
Jenderal M. T. Haryono
-
Jenderal Sutoyo
-
Jenderal S. Parman
-
Jenderal D. E. Panjaitan
-
Letnan I P. P. Tendean
-
Kolonel Katamso
-
Letkol Sugiono
-
Polisi K. S. Tubun
Kenapa disebut pahlawan
revolusi?
Karena gugurnya pada
tanggal 1 Oktober 1965
Sebelumnya sumur maut
digunakan oleh 13 rumah disekitar sumur tersebut, setelah tanggal 1 Oktober
digunakan oleh PKI
Yang pertama kali
menemukan mayat pahlawan revolusi adalah polisi Sukitman, mayat tersebut
diangkat pada tanggal 4 oktober disaksikan oleh bapak Soeharto. Jenazah dibawa
ke RS Gatot Subroto pada tanggal 5 diadakan upacara, kemudian dimakamkan di
makam pahlawan kalibata, Jakarta Selatan.
3.
Gelanggang Samudera Ancol
a.
Atraksi Lumba-Lumba
Atraksi
lumba-lumba kali ini menceritakan sebuah kisah dimana mutiara putri duyung di
curi oleh gurita raksasa, lalu datanglah 2 oang penyelam menghapiri putrid
duyung tersebut. Kemudian putrid duyung menceritakan masalah yang sedang
menimpa mereka.
Setelah
kedua penyelam itu mengetahui permasalahan mereka, kedua penyelam itu berniat
untuk membantu tapi putri duyung mencegahnya karena gurita raksasa sangat
berbahaya bagi mereka. Tapi ke 2 penyelam itu tetap nekad untu mengambil
mutiara itu. Mereka dibantu oleh teman-teman putri duyung yatu lumba-lumba yang
cerdas dan sangat lincah, dengan sekuat tenaga ke 2 penyelam dan lumba-lumba.
Akhirnya
mereka berhasil mengalahkan gurita raksasa dan mengambil mutaiara itu dari
tangan gurita.
Setelah
mereka berhasil mengambilnya lalu mutiara itu dikembalikan kepada putri duyung.
Setelah mutiara itu kembali negeri putri duyung aman dan tentram mareka bisa
hidup dengan makmur kembali.
b.
Scorpions Pirate’s
Adalah
sebuah pertunjukan yang menampilkan tentang perebutan sebuah keris yang
memiliki kekuatan yang sangat besar. Disitu juga ada 2 orang yang menaiki speed
board. Permainannya sangat menarik. Karena saya duduk di depan bersama
teman-teman. Saya sampai terguyur air dan air itu datangnya dari speed board
yang dibalik sehingga air itu membasahi badan saya dan teman-teman. Pada akhir
pertunjukkan tiba-tiba ada seorang kesatria yang dating yang berusaha untuk
merebut keris sakti itu. Kesatria itu bernama Scorpions Pirate’s.
4.
Dunia Fantasi ( Dufan )
a.
Aktifikas Dunia Fantasi
Dufan
adalah salah satu objek wisata yang terletak di Jakarta tepatnya di Jalan
Lodang Timur No. 17 Jakarta Pusat. Luas dufan mencapai 9.5 hektar dari rencana
pembangunan 552 hektar kawasan hiburan terpadu Taman Impian Jaya Ancol. Dufan
merupakan objek wisata yang sangat menarik, dari anak kecil sampai orang dewasa
berekreasi disana, karena banyak permainan untuk semua pengunjung.
Dufan
dibagi menjadi beberapa kawasan dimana permainannya menunjukkan kawasan itu
sendiri dan setiap permainan menantang fisik dan mental.
Dufan
sangat luas, sehingga jika kita ingin berekreasi kesana pada hari libur maka
waktunya lebih banyak sehingga dapat berkeliling ke dufan sesuka hati.
b.
Jenis-Jenis Hiburan dan Permainan
Bagian-bagian/permainan
di Dufan adalah sebagai berikut :
1)
Kawasan Jakarta
a.
Pintu Gerbang
Disinilah semua
pengunjung masuk ke area Dufan. Disini kita harus membeli tiket terlebih dahulu
dan menunjukkan kepada petugas agar kita dapat diperbolehkan masuk ke kawasan
Dufan dan tiketnya terbagi menjadi 2 yaitu bagi pengunjung biasa dan rombongan
seperti kita.
b.
Pusat Penerangan
Datanglah kesini jika
kamu disana membutuhkan sesuatu/terpisah dengan rombongan. Karena disana kamu
akan dibantu oleh petugas/satpam.
c.
Turangga-Rangga
Adalah permainan yang
biasanya kita sebut undar-undaran, permainan yang berbentuk lingkaran yang
diatasnya ada berbagai macam jenis hewan yang dinaiki dan juga dapat berputar
sendiri.
d.
Balai Kota
Di Balai Kota terdapat
alat yang dibutuhkan. Di sekitar kita balai kota terdapat P3K dan juga wartel
serta ruang informasi.
e.
Panggung Maruda
Panggung Maruda inilah
yang sering kali digunakan untuk pentas seni. Baik pertunjukkan music maupun
jumpa fans yang diadakan oleh Dufan sendiri, sebuah tabloid ataupun acara TV.
Bagi mereka yang
memiliki kemampuan menyanyi juga boleh ikut tampil di panggung sehingga dapat
menghibur pengunjung.
2)
Kawasan Amerika
a.
Rumah Jail
Permainan ini merupakan
lorong-lorong yang dindingnya terbuat dari kaca. Bagi para pengunjung yang baru
dating satu kali pasti setelah masuk tidak bias keluar karena disitu disediakan
jebakan-jebakan yang akan membuat kita bingung. Apalagi disitu ada penjaga
Dufan yang berpura-pura menakuti pengunjung.
b.
Poci-Poci
Poci-Poci adalah
permainan yang berbentuk cangkir yang berputar-putar. Setiap cangkir memuat 6
orang, disamping permainan ini terdapat ruang informasi sebelum kita masuk
harus melewati lorong terlebih dahulu.
c.
Rango-Rango
Rango-Rango adalah
permainan rumah miring yang bercorak Meksiko karena rumahnya terbuat dari kayu.
Semua perabotan dan tangganya dibuat miring karena dimodifikasi menggunakan
alat cangging sehingga tidak jatuh beterbangan.
d.
Niagara-gara
Niagara-gara adalah
permainan seluncur air, yaitu permainan yang menyerupai arum jeram tetapi
bedaya perahu ini jalannya menggunakan lintasan-lintasan seperti halilintar.
Hanya saja dibawahnya
air, sehingga setelah bermain permainan ini berada disamping WC.
e.
Arena Tembak tinju
Jika ingin mengikuti
permainan harus membeli koin yang selanjutnya akan ditukarkan dengan peluru,
kemudian pengunjung diberi kesempatan untuk menembak sasaran, sasaran itu
berbentuk titik/sejenisnya. Biasanya peserta terdiri dari pengunjung yang sudah
dewasa. Bagi pengunjung yang berhasil menembak sasaran disediakan berbagai
hadiah/souvenir.
Hadiah yang diberikan
sesuai dengan sasaran yang kena.
3)
Kawasan Balada Kera
a.
Balada Kera
Di Balada Kera terdapat
berbagai macam yang berhubungan dengan kera. Disana disediakan berbagai hiburan
seperti teater yang dikelola oleh Dufan. Disana terlihat seperti Bioskop tapi
bioskop tanpa layar, karena itu dapat melihat secara langsung para pemain
teater memainkan perannya.
4)
Kawasan Indonesia
a.
Alap-Alap
Alap-alap adalah
seperti halilintar, tetapi hanya berupa rintangan kecil, karena hanya berupa
arena yang tidak begitu tinggi, setiap mobil digunakan maksimal 2 orang.
b.
Jungkang-Jungking
Jungkang-Jungking
adalah permainan yang disediakan bagi anak-anak karena permainan ini tidak
menantang bagi oang dewasa tapi bagi anak-anak permainan ini sangat mengasikan.
5)
Kawasan Yunani
a.
Pontang-Panting
Pontang-Panting adalah
permainan yang menyerupai ontang-anting, hanya saja pontang-panting bukan
permainan perseorangan, tempat duduknya terbuat dari kayu, yang membuat kita
serasa di negara Yunani.
b.
Ontang-Anting
Ontang-anting adalah
permainan yang dimainkan perorangan. Permainan ini berupa tempat ayunan yang
dilengkapi papan untuk bergerak dan berputar.
c.
Ombang-ombang
Ombang-ombang adalah
permainan yang hampir menyerupai ontang-anting, bedanya ombang-ambing
berkelompok sedangkan ontang-anting perorangan. Dinamakan ombang-ambing karena
bentuknya menyerupai ombak laut.
d.
Halilintar
Halilintar adalah
permainan yang sangat berbahaya karena letaknya berada di atas rel berbentuk
rintangan-rintangan menakutkan. Keretanya terbagi menjadi 6 kereta, setiap
kereta di naiki 4 orang. Dalam permainan ini juga ditetapkan berbagai peraturan
seperti bagi penderita epilepsy, sakit jantung dan komplikasi lainnya tidak
diperbolehkan menaiki halilintar, karena permainan ini menantang fisik dan
mental.
6)
Kawasan Eropa
a.
Kincir-kincir
Kincir-kincir adalah
permainan yang berbahaya karena pengunjung yang naik diputar-putar naik turun
sehingga kepalanya di ontang-anting. Setelah menaiki permainan ini banyak
pengunjung yang mual.
b.
Istana Boneka
Istana boneka bukanlah
sebuah permainan melainkan sebuah tempat atau area yang berada di dalam
bangunan menyerupai istana. Setelah selesai mengantri kami menaiki perahu yang
mengalir di sungai kecil mengelilingi bangunan. Pengunjung dapat memotret
boneka-boneka yang terdapat didalamnya. Boneka tersebut adalah boneka yang
menciri khaskan an setiap daerah atau negaranya masing-masing.
c.
Tornado
Wahana ini
beroperasikan sejak 10 Juni 2001, diresmikan oleh gubernur Jakarta Sutiyoso dan
merupakan wahana paling menegangkan dari semua permainan. Wahana ini sangat
mengacu adrenalin karena cara pengoperaiannya, yaitu saat mulai kita diturunkan
kita diputar balik kembali, wahana ini paling banyak diminati oleh masyarakat
luas, selain itu wahana ini juga mengasikan.
7)
Kawasan Asia
a.
Bianglala
Bianglala adalah
permainan yang berbentuk kurungan-kurungan berskala besar, yang dijalankan
dengan metode dan system keamanan canggih sehingga para pengunjung merasa aman
dan nyaman.
Pada saat hujan
permainan ini harus segera di matikan, karena air dapat merusak mesinnya juga
dapat mati.
b.
Kora-kora
Kora-kora adalah
permainan yang berbentuk perahu yang digoyangkan naik turun. Permainan ini
sangat berbahaya. Untungnya di lengkapi dengan pengamanan yang sangat ketat,
jadi pera pengunjung nyaman menaikinya.
c.
Hysteria
Permainan yang sangat
menegangkan di antara beberapa hiburan yang lain. Hysteria merupakan menara
setinggi 56 m. Di wahana ini, pengunjung dapat merasakan desiran adrenalin saat
di tambahkan ke atas dengan kecepatan 4 G. Dan kemudian dijatuhkan dengan
kapasitas minus 1 G.
Fasilitas Umum
@ Telepon
Umum
@ PPPK
@ Toilet
@ Tempat
bermain
@ Bank
@ Penitipan
barang
@ Mushola
@ Toko
cindera mata
@ Restoran
@ Panggung
terbuka
@ Parade
@ Kursi
roda
@ Club
Dufan & lainnya
5.
Pantai Marina
Objek
wisata pantai marina terletak di Jakarta Utara. Objek ini mempunyai luas 80 H.
Di pantai Marina Kami merasa gembira, disana kami dapat menikmati pemandangan
sekitar yang indah, serta suasana senja di pantai marina sore hari.
Terlihat
cahaya lampu kapal yang indah ditengah lautan, dan ditambahkan lingkungan
sekitar pantai Marina yang bersih, sehingga menambah keindahan pantai, hal ini
dikarenakan oleh adanya petugas kebersihan yang setiap saat membersihkan
lingkungan pantai.
Pantai
Marina merupakan pantai yang memanjakan pengunjung untuk melihat wisata alamai
dengan pemandangan yang dapat melepas penat, kejenuhan dan bias mengendurkan
urat syaraf.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Melalui
kegiatan study tour ke Jakarta maka siswa dapat melihat secara langsung objek
wisata alam. Dengan demikian siswa dapat menikmati objek-objek wisata tersebut.
Kegiatan
study tour ini selain sebagai sarana rekreasi juga dapat menambah ilmu
pengetahuan dengan cara melihat secara langsung sehingga dapat menumbuhkan rasa
takjub yang bermuara pada kebanggaan sebagai warga Negara Indonesia sehingga
dapat mempertebal rasa cinta tanah air.
Asrama haji merupakan tempat
peristirahatan para jamaah haji sebelum berangkat ke Mekah. Dan dilengkapi
dengan peta-peta serta gambar-gambar keadaan di Mekah, sebagai pedoman bagi
jamaah.
Monas sebagai salah satu symbol sejarah
perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan serta mengisinya dengan
Pembangunan Nasional demi kesejahteraan rakyat.
Dunia Fantasi (DUFAN) luasnya kurang
lebih 15 hektar, disana terdapat berbagai jenis permainan seperti : Arung
Jeram, Kincir-kincir, Halilintar, Istana Boneka, Kora-kora, Tornado, Hysteria
dll.
B.
Saran-Saran
Melalui laporan ini,
perkenankan penyusun menyampaikan saran-saran sebagai berikut :
1)
Diadakan penambahan penanaman pohon
disekitar Monas sehingga dapat menambah kesejukan bagi pengunung.
2)
Asrama haji mungkin perlu diperimbangkan
lagi sarana dan prasarana, yang lebih penting lagi bangunan-bangunan yang sudah
rusak harus diperbaiki karena sudah banyak bagian yang rusak.
3)
Gelanggang Samudera beberapa waktu
kedepan perlu menambah jenis hiburan lagi, sehingga dapat menarik bagi para
pengunjung.
4)
Berbagai jenis permainan di Dufan
hendaknya secara periodic diadakan pengecekan sehingga tetap terjaga
keamanannya.
5)
Kebersihan di Pantai Marina hendaknya
dapat ditingkatkan sehingga tetap terjaga kebersihannya.
Komentar
Posting Komentar