RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran/Tema
|
:
|
IPA / Sifat-sifat
Cahaya
|
Kelas / Semester
|
:
|
V / Semester Genap
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 35 menit
|
I.
Standar Kompetensi
6.
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model.
II.
Kompetensi Dasar
6.
1. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
III.
Indikator
6.
1. 1. Mendemonstrasikan sifat cahaya mengenai berbagai benda (bening, beruang
dan gelap)
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat mengetahui sifat-sifat cahaya
dengan penuh rasa ingin tahu.
2. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat melakukan percobaan tentang sifat-sifat cahaya yang
mengenai berbagai benda dengan penuh rasa disiplin.
V.
Materi Ajar
-
Cahaya dan sifat-sifatnya.
VI.
Metode Pembelajaran
Tanya
jawab, tugas, diskusi kelompok dan demonstrasi.
VII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
awal (5 menit) :
·
Guru mengkondisikan siswa-siswa
·
Guru menyiapkan alat/media yang
diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dengan Tanya jawab.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru membentuk kelompok.
2. Kegiatan
inti (45 menit)
a. Eksplorasi
-
Guru mendemonstrasikan sifat-sifat
cahaya.
-
Setiap kelompok dengan bantuan guru
mencoba melakukan percobaan tentang sifat-sifat cahaya dengan alat peraga yang
tersedia.
-
Siswa dengan bimbingan guru
membaca/mempelajari materi sifat-sifat cahaya.
b. Elaborasi
-
Guru memberikan LKS untuk setiap
kelompok.
-
Guru memeriksa kegiatan siswa dan
memberikan bimbingan kelompok.
-
Salah satu anggota kelompok
mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas dan siswa lain menanggapi.
-
Guru bersama siswa membahas LKS dan
menyimpulkan hasil kerja siswa.
c. Konfirmasi
-
Guru memberi umpan balik dan penguatan
dalam bentuk lisan dan tulisan.
3. Kegiatan
Akhir (20 menit)
-
Siswa mencatat hasil kesimpulan secara
klasikal
-
Guru melakukan kegiatan penilaian
-
Pemberian PR
VIII. Alat
/ Bahan / Sumber Belajar
1. Alat
dan Bahan :
Lampu
senter
Air
keruh
Air
bening
Kaca
|
Triplek
Karton
Mika
biru
Batu
|
2. Sumber
belajar :
a. Drs.
Haryanto, M.Pd, Sains untuk SD Kelas V, 2004, penerbit Erlangga, hal 159 – 163.
b. Drs.
Priyono, M.Pd, Titik Sayekti, M.Pd, Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V, 2007,
Penerbit Grahadi hal 171 – 176.
c. Drs.
Haryanto, M.Pd, Sains SD/MI Kelas V, 2012, Penerbit Erlangga, hal 160 s/d 170.
IX.
Penilaian
1. Prosedur
: Awal, Proses, Akhir
2. Tehnik : Tes
3. Jenis
tes : Tertulis
4. Bentuk : Isian
5. Alat
Penilaian (Terlampir)
a. Lembar
Kerja Siswa dan Kunci Jawaban.
b. Lembar
kisi-kisi.
c. Lembar
Evaluasi dan Kunci Jawaban.
d. Lembar
Pengamatan.
e. Lembar
AnalisaHasil Evaluasi.
Badamita,
8 Februari 2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Katiman, S.Pd
NIP. 19650405
199310 1 001
|
Guru
Kelas
Fajri Iriyanti
NIM. 817712843
|
Komentar
Posting Komentar