RPP FAJRI IRIYANTI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran/Tema
:
IPA / Sifat-sifat Cahaya
Kelas / Semester
:
V / Semester Genap
Pertemuan ke
:
1
Alokasi Waktu
:
2 x 35 menit

I.                   Standar Kompetensi
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model.

II.                Kompetensi Dasar
6. 1. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

III.             Indikator
6. 1. 1. Mendemonstrasikan sifat cahaya mengenai berbagai benda (bening, beruang dan gelap)

IV.             Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat mengetahui sifat-sifat cahaya dengan penuh rasa ingin tahu.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan percobaan tentang sifat-sifat cahaya yang mengenai berbagai benda dengan penuh rasa disiplin.

V.                Materi Ajar
-          Cahaya dan sifat-sifatnya.

VI.             Metode Pembelajaran
Tanya jawab, tugas, diskusi kelompok dan demonstrasi.

VII.          Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (5 menit) :
·         Guru mengkondisikan siswa-siswa
·         Guru menyiapkan alat/media yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dengan Tanya jawab.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru membentuk kelompok.

2.      Kegiatan inti (45 menit)
a.       Eksplorasi
-          Guru mendemonstrasikan sifat-sifat cahaya.
-          Setiap kelompok dengan bantuan guru mencoba melakukan percobaan tentang sifat-sifat cahaya dengan alat peraga yang tersedia.
-          Siswa dengan bimbingan guru membaca/mempelajari materi sifat-sifat cahaya.
b.      Elaborasi
-          Guru memberikan LKS untuk setiap kelompok.
-          Guru memeriksa kegiatan siswa dan memberikan bimbingan kelompok.
-          Salah satu anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas dan siswa lain menanggapi.
-          Guru bersama siswa membahas LKS dan menyimpulkan hasil kerja siswa.
c.       Konfirmasi
-          Guru memberi umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan.



3.      Kegiatan Akhir (20 menit)
-          Siswa mencatat hasil kesimpulan secara klasikal
-          Guru melakukan kegiatan penilaian
-          Pemberian PR

VIII.       Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan :
Lampu senter
Air keruh
Air bening
Kaca
Triplek
Karton
Mika biru
Batu

2.      Sumber belajar :
a.       Drs. Haryanto, M.Pd, Sains untuk SD Kelas V, 2004, penerbit Erlangga, hal 159 – 163.
b.      Drs. Priyono, M.Pd, Titik Sayekti, M.Pd, Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V, 2007, Penerbit Grahadi hal 171 – 176.
c.       Drs. Haryanto, M.Pd, Sains SD/MI Kelas V, 2012, Penerbit Erlangga, hal 160 s/d 170.

IX.             Penilaian
1.      Prosedur    : Awal, Proses, Akhir
2.      Tehnik       : Tes
3.      Jenis tes     : Tertulis
4.      Bentuk      : Isian
5.      Alat Penilaian (Terlampir)
a.       Lembar Kerja Siswa dan Kunci Jawaban.
b.      Lembar kisi-kisi.
c.       Lembar Evaluasi dan Kunci Jawaban.
d.      Lembar Pengamatan.
e.       Lembar AnalisaHasil Evaluasi.

Badamita, 8 Februari 2014    
           
Mengetahui,
Kepala Sekolah


Katiman, S.Pd
NIP. 19650405 199310 1 001

Guru Kelas


Fajri Iriyanti
NIM. 817712843

Komentar